Friday, September 19, 2008

Suatu malam, sedang Sultan Mahmud (Muhammad Al Fateh II, Sultan yang menakluki Konstantinople) duduk bersama guru tariqahnya,dan mereka sedang makan dalam satu hidangan, sang guru berkata kepadanya:"Tuanku, apa yang tuanku makan adalah haram, makanan ini tidak halal." Meski pun pada waktu itu mereka sedang makan didalam satu bekas yang sama.

Sang Sultan lalu berkata:"Bagaimana bisa gemikian? Kita sedang makan didalam bekas yang sama, ini bererti guru pun memakan makanan yang tidak halal?"

Sang Guru lalu berkata:"Tidak. Apa yang aku makan adalah halal, makanan ini diperbolehkan, tetapi apa yang ada padamu tidak halal."

Sang Sultan lantas berkata:"Lihat disana.....!" dan tatkala sang guru memalingkan mukanya dari bekas makan tersebut, sang sultan lantas memutar bekas hidangan tersebut. Kemudian mereka melanjutkan makan.

Seketika kemudian sang sultan menceritakan kepada gurunya apa yang telah beliau lakukan seketika tadi seraya berkata:"Sekarang lihat, apa yang guru makan adalah haram,"

Sang Guru lantas menjawab:"Tidak! Apa yang kamu makan adalah haram sebab kamu mengambilnya dengan kekerasan dari sebuah negeri yang berhasil engkau taklukan."

No comments: